Tugas Ragam Bahasa (Bahasa Indonesia ) Universitas Gunadarma
















Oleh :
Andri Irawan Isa Putra (12107054 )
Kelas 3 KA 02
Dosen : Tri Budiarta

1 Sebutkan pengertian dari Ragam bahasa

Ragam bahasa adalah variasi bahasa menurut pemakaian yang berbeda – beda menurut topic yang dibicarakan , menurut hubungan pembicaraan , kawan bicara , orang yang dibicarakan serta menurut medium pembicaraan (bachman ,1990 )
Ragam bahasa juga sebagai suatu system / tata cara manusia dalam pengungkapan dan berkomunikasi serta dipakai oleh masyarakat .yang mana pada komunikasi tersebut terdapat perbedaan cara pengungkapan dan tata caranya , menurut bidang komunikasi nya masing – masing





Macam-Macam dan Jenis-Jenis Ragam / Keragaman Bahasa :
1. Ragam bahasa pada bidang tertentu seperti bahasa istilah hukum, bahasa sains, bahasa jurnalistik, dsb.
2. Ragam bahasa pada perorangan atau idiolek seperti gaya bahasa mantan presiden Soeharto, gaya bahasa benyamin s, dan lain sebagainya.
3. Ragam bahasa pada kelompok anggota masyarakat suatu wilayah atau dialek seperti dialek bahasa madura, dialek bahasa medan, dialek bahasa sunda, dialek bahasa bali, dialek bahasa jawa, dan lain sebagainya.
4. Ragam bahasa pada kelompok anggota masyarakat suatu golongan sosial seperti ragam bahasa orang akademisi beda dengan ragam bahasa orang-orang jalanan.
5. Ragam bahasa pada bentuk bahasa seperti bahasa lisan dan bahasa tulisan.
6. Ragam bahasa pada suatu situasi seperti ragam bahasa formal (baku) dan informal (tidak baku).


2 Sebutkan hal – hal yang menimbulkan keragaman bahasa ?
-- latar belakang pendidikan
seperti : seberapa tinggi ia mengikuti jenjang pendidikan
-- tingkatan serta taraf pendidikan yang dilaksanakan
Cth : seorang doctor dengan siswa SMA memiliki spesifikasi pengungkapan bahasa yang berbeda
-- berasal dari suatu kebudayaan yang dibawa oleh nenek moyang turun temurun
Cth : masyarakat padang menggunakan bahasa minang sebagai sarana komunikasi dalam kesehariannya dengann komunitas nya
-- bidang kehidupan yang ditekuni / digeluti :
Cth : pola ragam bahasa jurnalis, mahasiswa dan politikus memiliki suatu pola yang berbeda menurut bidang mereka masing – masing




3 Sebutkan dan jelaskan penerapan ragam resmi berdasarkan media ?
Ragam Bahasa Media
Dalam menyajikan informasi kepada publik, bahasa jelas menjadi media pendukung utama untuk menyajikan fakta-fakta dan pesan-pesan. Dalam surat kabar, misalnya, bahasa digunakan sebagai alat untuk mengungkapkan dan mengartikulasikan berbagai peristiwa menjadi sebuah berita secara tertulis.
Pada hakikatnya bahasa media tak jauh berbeda dengan ragam bahasa tulis lainnya. Dalam ragam bahasa tulis, orang yang berbahasa tidak berhadapan langsung dengan pihak lain yang diajak berbahasa. Implikasinya, bahasa yang digunakan harus lebih terang dan jelas karena tujuannya tidak dapat disertai gerak isyarat, pandangan, anggukan, dan semacamnya sebagai tanda penegasan atau pemahaman terhadap informasi tertentu. Oleh karena itu, kalimat dalam ragam bahasa tulis harus lebih cermat sifatnya. Serta dilengkapi dengan atribut yang menerangkan maksud nya , seperti pada surat kabat dilengkapi dengan gambar & tulisan ,serta pada media visual dan audio visual dilengkapi oleh suara serta gambar

0 komentar: